Selamat Datang di Dinas Pariwisata Gorontalo Utara - Terdepan Melayani Masyarakat, Silahkan hubungi kami melalui aplikasi e-meeting (09:00 - 15:00 WITA) Klik Disini

off canvas menu

Sambutan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara

FRITS ANO, S.PD
FRITS ANO, S.PD

Assalamualaikum Wrb

Salah satu potensi unggulan  Kabupaten Gorontalo Utara adalah sektor Pariwisata. Keunggulan tersebut dapat dilihat dari dua sisi yaitu: pertama sebagai daerah tujuan wisata, terdapat beberapa obyek wisata bahari (wisata pantai), wisata alam, wisata panorama dan wisata budaya. Kedua, sebagai Pintu gerbang Pariwisata regional bahkan nasional, karena posisinya yang strategis sebagai inlet/outlet di kawasan Timur Indonesia belahan utara ke pasar pariwisata global, khususnya di kawasan Asia  Pasifik. Oleh karena itu studi ini juga dilakukan untuk mendukung penyebarluasan informasi kepada publik mengenai potensi, isu maupun masalah yang ada pada setiap obyek wisata bahari secara geografis yang berada di wilayah Gorontalo Utara.

Dipahami bahwa pembangunan dan pengembangan pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungannya. Manfaat dan keuntungan tersebut dapat terlihat dan dirasakan, baik dari segi ekonomi atau kesejahteraan, sosial budaya, politik maupun dari segi lingkungan hidup. Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mengharapkan agar masyarakat tidak saja sebagai penerima dari manfaat dan keuntungan pembangunan dan pengembangan pariwisata, akan tetapi juga dapat berperan menjadi pendorong dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan pariwisata.

Pariwisata merupakan salah satu sektor tumpuan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya pemulihan ekonomi yang sedang dilaksanakan.  Oleh sebab itu pembangunan kepariwisataan perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan dengan menggunakan sumberdaya dan potensi kepariwisataan untuk menjadi kekuatan ekonomi dan non-ekonomi yang dapat diandalkan dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah.

Selain itu, pariwisata menjadi sangat penting karena merupakan salah satu andalan pembangunan bagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara kedepan, khususnya dalam memacu penerimaan devisa negara dan pendapatan asli daerah yang berasal dari sektor non-migas, dengan tidak mengabaikan prinsip pembangunan wilayah pesisir yang berkelanjutan.

Kekayaan alam di Kabupaten Gorontalo Utara memang sangat cocok untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata.  Selain memiliki panorama gunung yang indah, taman laut, hingga penduduknya yang rata-rata sangat akrab, daerah ini juga tergolong kaya dengan peninggalan sejarah.  Namun sayangnya kekayaan alam yang sangat banyak yang kurang terawat dengan baik.

Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota seharusnya lebih proaktif dengan menggalang kerjasama dengan  stakeholders pariwisata dalam memperhatikan permasalahan yang dihadapi oleh industri jasa pariwisata, terutama infrastruktur dasar (jalan dan listrik) untuk menunjang pengembangan industri pariwisata, sebagai salah satu sektor unggulan untuk meningkatkan PAD dan pendapatan masyarakat lokal.

Selain itu, perlu dilakukan diversifikasi obyek wisata untuk mengantisipasi kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini serta menjaga agar wisatawan tidak merasa jenuh bahkan kecewa. Pada akhirnya, kekayaan sumberdaya alam sudah dikaruniakan oleh Sang Khalik, Tuhan Yang Maha Kuasa, kepada kita untuk dikelola sebagai salah satu aset untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.  Pengelolaan kekayaan alam tersebut untuk industri pariwisata masih sangat potensial dan menjanjikan bagi kita.  Semuanya terpulang pada kita untuk mengelolanya atau tidak sama sekali.

Statistk Wisatawan

  • Tahun Kunjungan Wisatawan

KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA GORONTALO UTARA

  1. Pembangunan kepariwisataan diarahkan pada pengembangan pariwisata sebagai salah satu sektor andalan dan penghasil devisa yang diperlukan untuk mendorong dan mempercepat laju pembangunan daerah, pembangunan kepariwisataan dilakukan dengan mendayagunakan berbagai potensi kepariwisataan dilakukan daerah dengan tetap memperhatikan kepribadian bangsa, nilai-nilai agama serta kelestrian fungsi dan lingkungan hidup, memperkaya budaya daerah dan dilakukan secara terpadu dan menyeluruh serta didukung oleh sector-sektor lainnya seperti transportasi, komunikasi dan informasi yang handal dengan memanfaatkan Iptek serta kondisi dan suasana daerah yang aman dan nyaman serta berpedoman pada sapta Pesona.

  2. Peningkatan daya tarik kepariwisataan daerah dilakukan dengan memperbanyak jumlah dan jenis obyek wisata, peningkatan prasarana dan sarana serta kualitas pelayanan kepariwisataan yang dilakukan dengan penyempurnaan sistem dan pemanfaatan iptek, kerjasama dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia, peningkatan aksesibilitas, baik melalui Darat, Laut serta peningkatan sadar wisata masyarakat, khususnya insan kepariwisataan. Obyek Wisata yang perlu dikembangkan adalah memiliki keunikan yang khas, seperti Budaya, Bahari/Tirta, dan Agro-Wisata.

  3. Perlu terus digalakkan upaya-upaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif di sector kepariwisataan yang mampu menarik dan peran serta masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kepariwisataan Daerah. Dengan demikian diharapkan sektor Pariwisata akan mampu berperan sebagai media pemerataan pendapatan disamping sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

  4. Penataan dan pemantapan kelembagaan kepariwisataan perlu terus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, termasuk pemantapan dan peningkatan kerja sama antar sector yang secara langsung maupun tidak langsung mendukung pengembangan kepariwisataan.

  5. Untuk lebih mendorong perkembangan Kepariwisataan Daerah, perlu terus diupayakan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, baik dijajaran pemerintah maupun swasta, khususnya di wilayah yang ditetapkan sebagai Daerah Tujuan Wisata.

ARAH KEBIJAKAN UMUM DAN STRATEGI PRIORITAS

NO ARAH KEBIJAKAN UMUM STRATEGI DAN PRIORITAS
1 Peningkatan upaya pelestarian dan Pengembangan Seni dan Budaya Daerah termasuk peran serta Lembaga-lembaga Adat. Pelestarian dan penguatan basis kebudayaan dan kesenian daerah.
2 Peningkatan fasilitas penunjang pariwisata dan aksesibilitas menuju Objek dan Daya tarik Wisata. Penguatan kelembagaan Budaya dan Pariwisata serta peran masyarakat.
3 Peningktan kualitas dan keragaman Objek Wisata dan Sinergisitas Event Daerah. Fasilitas kegiatan promosi dan pemasaran wisata serta kerja sama lembaga Wisata Nasional Regional dan Internasional.
4 Pengembangan dan penguatan jaringan pemasaran Wisata Domestic dan Internasional. Pengembangan Pariwisata pada kawasan atau wilayah prioritas.
Pengembangan fasilitas penunjang Pariwisata. Penyusunan profil potensi Objek-objek Wisata.
Fasilitas kemitraan usaha/ UKM wisata lembaga terkait

Distribusi Pengeluaran Wisatawan

  • W. Mancanegara
  • W. Nusantara

Keterangan

AKM : Akomodasi

PDN : Penerbangan dalam negeri

MM : Makanan dan Minuman

CDR : Cinderamata

HB : Hiburan

PWL : Paket Wisata Lokal

TL : Transportasi Lokal

PSR : Pesiar

PRM : Pramuwisata

KK : Kesehatan dan Kecantikan

LL : Lain-Lain

DOWNLOAD APLIKASI KAMI

Aplikasi ini bernama ``INFO GORUT`` yang mana aplikasi ini untuk memudahkan bagi para wisatawan yang berkungjung ke Gorontalo Utara, aplikasi ini memberikan banyak informasi mengenai tempat wisata, alat transportasi, hotel, tempat makan, rumah sakit/puskesmas terdekat, dll.</p> <p>Klik tombol di bawah ini untuk dapat men-download aplikasi, kami haturkan terima kasih banyak atas perhatian Anda.

Download
BLANK style is purely built for customization. This style supports text, images, shortcodes, HTML etc. Use Source button from Rich Text Editor toolbar & customize your Modal effectively.
Close